BHI eNewsletter July 2018
Subject : BHI eNewsletter July 2018
Content :
[Selengkapnya]
-----------------------------
BHI eNewsletter March 2018
Subject : BHI eNewsletter March 2018
Content :
[Selengkapnya]
-----------------------------
BHI eNewsletter February 2018
Subject : BHI eNewsletter February 2018
Content :
[Selengkapnya]
-----------------------------
More Article.....
--------------------------------


                      




Since 19 May 2010

 

Ega Permana

Nama saya Ega Permana. Saya bergabung dengan BHI di angkatan 22. Pada tahun 2010 saya lulus SMA dan masih belum tahu mau melanjutkan kemana atau bekerja kemana sampai saya bertemu dengan Rayhan salah satu teman saya di Liverpool FC fans club yang memberitahu saya kalau dia melanjutkan kuliah di BHI. Saya mengikuti Rayhan dan ternyata seru juga kuliah di perhotelan.

Selama on the job training, saya ditempatkan di Mandarin Oriental Hotel Jakarta di Kitchen Department di salah satu chinese restaurant untuk menangani ala cart menu. Sebenarnya banyak mahasiswa yang magang yang berasal dari perguruan tinggi lain yang terkenal di Jakarta dan hanya saya sendiri yang berasal dari Bogor tapi bisa berkompetisi dengan mereka. Banyak yang tidak tahu BHI sebelumnya. Yang mereka tahu adalah BHI itu di Bogor, di luar Jakarta, di selatan Jakarta. Tapi, selama OTJT saya tunjukan bahwa meskipun dari BHI saya tetap bisa lakukan yang terbaik. Dan hasilnya Chef yang menjadi atasan saya merekrut saya untuk menjadi staf di Mandarin Oriental Hotel Jakarta setelah selesai perkuliahan semester 6. Wahh luar biasa.

Saya bukan lulusan SMA yang favorit dan ternama, saya bukan dari keluarga yang kaya yang hanya tinggal di perkampungan kecil di Bogor, saya bukan orang yang jenius. Saya tidak pernah bermimpi jadi sukses dengan penghasilan yang bagus. Tetapi semuanya berubah. Saya sekarang bekerja untuk Mandarin Oriental Hotel Jakarta. Saya bisa jadi bagian dari MOHG karena BHI caring way. Saya bangga bekerja disana dan bisa menunjukkan pada orang tua saya kalau saya bisa bekerja untuk perusahaan internasional yaitu chain hotel.

 

Edvami Maradiyana Praeswitari

Nama saya Edvami Maradiyana Praeswitari, teman-teman saya biasa memanggil saya Amy. Saya terlahir dalam keluarga yang biasa-biasa saja, tidak berlebihan tidak pula kekurangan. Ayah saya bekerja di bidang pertanian dengan gelar Doctor. Awalnya beliau menginginkan saya sukses seperti beliau dengan bidang yang beliau tekuni, tapi sayangnya saya tidak tertarik. Saya lebih memilih mendaftarkan diri di BHI walau saat itu saya juga tidak tahu sama sekali mengenai BHI. Saya dapat informasi dari tante saya yang kebetulan memiliki tetangga yang kuliah disana.

Awal masuk BHI, saya tidak mengerti akan mata kuliah yang diberikan, karna jujur saja jurusan saya saat SMA adalah IPA. Tapi setelah saya mempelajari semua mata kuliah yang BHI berikan, saya merasa tertarik. Ini adalah hal baru yang saya dapatkan, apalagi disertai dengan praktek-praktek dan juga job training. Saya jadi bisa belajar mandiri dan mengetahui bagaimana rasanya bekerja. Menyenangkan memang, dan semua itu berjalan begitu cepat. Sampai akhirnya saya berada di semester akhir dan harus menyelesaikan tugas akhir saya yang ditentukan lulus atau tidaknya melalui sidang akhir. Ada perasaan haru dan bahagia saat saya dinyatakan lulus, namun ada juga perasaan sedih karena harus berpisah dengan teman-teman seperjuangan untuk memulai hidup masing-masing. Tapi saya bersyukur, sebelum saya lulus, saya sudah mendapatkan pekerjaan, dan tentunya hal itu tidak terlepas dari peranan BHI. Saya mendapatkan info lowongan kerja dari Ibu Mahesha.

Awalnya saya tidak terlalu yakin, karna saya merasa begitu banyak saingan yang berkompeten. Tapi dengan semangat dan percaya diri, saya lewati semua perasaan tidak yakin itu. Alhasil, kini saya bekerja di Padjadjaran Suites Hotel Bogor yang baru buka awal tahun 2012 ini dengan posisi Front Desk Agent staff. Ini merupakan hal yang patut saya syukuri setelah semua kerja keras saya selama kuliah di BHI. Mungkin kata terima kasih saja tidak cukup dari saya kepada BHI. Karna berkat semua dosen dan staff BHI lah yang membuat saya sukses seperti sekarang. Mungkin dengan memberikan yang terbaik dalam pekerjaan saya dapat membawa nama baik BHI. Saya ingin menuangkan dan menerapkan semua yang saya dapatkan di BHI ke dalam pekerjaan saya, dan saya akan membuat BHI bangga kepada saya atas karir yang saya jalani saat ini. Terima kasih BHI.

Best Wishes,


Edvami Maradiyana Praeswitari

 

Diego Frilino R.A.

Ini bukanlah kisah hidup saya, tetapi merupakan perjalanan hidup saya untuk mencapai kesuksesan. Nama saya Diego Frilino Ramadhan Abdulrasul, Alumni Bogor Hotel Institute Angkatan 14. Saya adalah seorang Konsultan Event di sebuah perusahaan bernama Fourjack Event Solution- Jakarta, sebuah perusahaan yang saya miliki.

Banyak hal yang tak terduga dalam hidup saya. Dahulu saya merupakan murid termalas di kelas dan saya sering bolos pada beberapa mata kuliah. Tetapi saya mendengarkan kata-kata bijak yang diberikan oleh para dosen di kelas. Salah satu yang selalu saya ingat adalah “ Kesuksesan berada pada Puncak tertinggi dari semua kesulitan yang kita alami dalam perjalanan menuju ke atas”.”.

Singkat cerita, saat ini saya adalah seorang pengusaha yang telah membuka peluang kerja bagi orang lain, dan bukan hanya seorang karyawan yang bekerja untuk orang lain. Sedikit pesan yang bisa saya sampaikan untuk rekan-rekan yang lain “ hidup seperti sebuah kaleng sarden, kita hanya perlu menemukan cara untuk membukanya””.

Terima kasih karena telah membaca kisah saya, Mudah-mudahan rekan-rekan yang lain juga dapat memliki kisah-kisah yang menyenangkan untuk dibagikan di masa yang akan datang.

 

Salam hangat,


Diego Frilino R. A.

 

 

Risya Rifasadin

Merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk membagikan cerita menakjubkan yang saya alami selama menjadi mahasiswi Bogor Hotel Institute. Bergabung dengan BHI bagai menemukan belahan jiwa bagi saya. Saya mempelajari banyak hal yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Saya menikmati waktu demi waktu yang saya tempuh di BHI.  Banyak sekali kegiatan yang saya ikuti; kelas-kelas teori, program praktek di Hotel Salak The Heritage Bogor, Program TOEFL, Pelatihan Tata Cara Makan, program On the Job Training di Nirwana Gardens Resort Hotel Bintan sebagai Guest Service Agent, Saya pun pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Senat Mahasiswa BHI. Kemudian saya mendapatkan kesempatan untuk On the Job Training yang kedua kalinya di Hotel Four Seasons Jakarta sebagai Sebagai Sekertaris bagian Catering Sales dan juga di bagian Personalia. Segala hal tersebut telah memberikan pengalaman yang berharga bagi saya sebagai mahasiswi Akpar Bogor BHI.

BHI telah memberikan kesempatan bagi saya untuk mengenal lebih jauh tentang Hotel Four Season Jakarta, sebuah hotel berbintang 5 yang bertaraf internasional, merupakan suatu impian bagi saya untuk bekerja sebagai seorang Front desk agent di hotel tersebut. Setelah lulus dari program D3 di BHI saya bekerja di Hotel Park Lane Jakarta sebagai Guest Relation Officer, beberapa bulan kemudian harapan saya terkabulkan dengan terbukanya peluang bagi saya untuk bergabung di Hotel Four Seasons Jakarta sebagai Front Desk Agent. Dan saya bekerja di hotel itu sampai sekarang.

Rasa cinta dan terima kasih yang sebesar-besarnya saya tujukan pada seluruh manajemen, dan tim pengajar Bogor Hotel Institute yang telah memberikan pelajaran yang sangat berharga, Terima kasih karena telah mengantarkan saya ke gerbang dan menyiapkan saya dalam perjalanan menempuh karir hidup saya. Apa yang telah kita alami bersama merupakan hal berharga yang akan selalu saya ingat.

Semoga sukses bagi BHI di masa mendatang.

 

Salam hangat,

    

Risya Rifsadin

FDA – Four Seasons Hotel Jakarta

 

 Tommy Anugrah

Nama saya adalah Tommy Anugrah, saya bergabung dengan BHI pada angkatan 7, dengan jurusan Food Production. Pengalaman pertama Job Training saya alami di Hotel Shangri-la Jakarta. Disanalah pertama kalinya saya mendapatkan pengalaman pertama memberikan pelayanan langsung kepada tamu.

Setelah menyelesaikan program satu tahun di BHI saya bekerja di Hotel Shangri-la Jakarta sebagai pekerja harian di bagian dapur selama 2 tahun. Kehidupan saya semakin membaik ketika saya bergabung dengan kapal pesiar Costa untuk bekerja sebagai cook 3 di bagian Garde Manger. Tugas pertama yang saya alami adalah pada kapal Costa Mediterania di Copenhagen, Jerman. Banyak Negara telah saya kunjungi terutama di Negara-negara Eropa dan Karibia.

Semoga rekan-rekan dan Bogor Hotel Institute semakin sukses di masa mendatang.

 

Salam hangat,

Tommy Anugrah

 

 Irwan Perwira Sembiring

Nama saya Irwan Perwira Sembiring, saya bergabung dengan BHI pada angkatan 12. Saya menjalankan program OJT saya di Nirwana Gardens Resorts Hotel bintan selama 6 bulan.

Itu merupakan pengalaman pertama saya untuk bekerja dan untuk berinteraksi secara langsung dengan para tamu di industry perhotelan. Pengalaman pertama itulah yang semakin membuat saya tertarik untuk mendalami industry pariwisata dan perhotelan.

Setelah menyelesaikan program OJT dan lulus dari program satu tahun BHI, saya bekerja pekerja harian di Hotel Mandarin Oriental Jakarta selama 3 bulan. Setelah itu saya mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan Hotel Intercontinental Mekkah – Saudi Arabia, Bagaikan mimpi yang menjadi nyata bagi saya untuk dapat bekerja di Luar negeri.

Awalnya saya bekerja sebagai Public Area Attendant, setelah 2 minggu, saya mendapatkan kesempatan untuk training sebagai Room boy, dan tak lama kemudian saya pun di promosikan sebagai Room boy.

Keinginan saya untuk mempelajari hal-hal baru mendorong saya untuk terus belajar, keinginan saya ketika itu adalah untuk mendapatkan kesempatan kerja di bagian Concierge. Suatu bagian yang langsung dapat berinteraksi dengan tamu dan posisi yang banyak diminati oleh staff di Hotel Intercontinental Mekkah. Ternyata keberuntungan ada disisi saya, karena tak lama setelah itu saya ditunjuk sebagai salah satu dari 3 kandidat yang akan di wawancara oleh General Manager sebagai calon Concierge Staff. Dan ternyata saya mampu bersaing dengan kedua calon lainnya yang berasal dari India dan Bangladesh.

Hingga saat ini, saya sangat menikmati posisi saya sebagai seorang concierge, dan saya dapat menambah pengalaman kerja saya di bidang ini. Kelebihan lain dengan pekerjaan saya , akhirnya saya mendapat kesempatan untuk Umroh dan bahkan naik Haji.

Maka sedikit pesan yang bisa saya bagikan adalah “Jangan ragu untuk mengembangkan karir di industry perhotelan, karena saya telah membuktikannya sendiri”

 

Salam hangat,

 

Irwan Perwira Sembiring

Concierge - InterContinental Hotel Makkah - Saudi Arabia